Pengamat: Belum Tentu Sonangol EP Mau Jual Minyak Langsung ke RI

 

  Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhamanto sangsi akan ada penghematan jika pemerintah Indonesia mengimpor minyak dari Angola. Sebab, kesepatan yang sudah dijalin barulah sebatas Memorandum of Understanding (MoU), dan bisa batal. 

"Kasus Sonangol EP ini baru MoU, realisasinya kan belum. Nanti tindaklanjutnya tergantung Pertamina dengan Sonangol. Belum tentu sebagus yang tampak di permukaan. Bisa saja MoU tidak jadi direalisasikan. Sudah sering kok kejadian seperti itu," kata Pri Agung ditemui di sela-sela US-Indonesia Investment Summit, Rabu (12/11/2014).

Dia mengatakan, belum tentu impor minyak bisa tanpa perantara. Sebab, hal itu tergantung hasil follow-up pertamuan antara PT Pertamina (Persero) dengan Sonangol EP. "Kalau sudah B to B (business to business) belum tentu pihak sana mau jual langsung. Jadi, belum bisa lah dikatakan langsung hemat sekian. Itu butuh follow-up sampai penghematan," ucap Pri Agung.

Menurut dia, kalaupun pada realisasinya Indonesia memilih impor dari Angola, hal tersebut tidak akan banyak berpengaruh terhadap hubungan Indonesia -US. Sebab, prinsip bebas aktif mengisyaratkan perlakuan yang sama terhadap semua negara, tanpa preferensi. 

"Pasti ada take and give (dengan Angola). Tapi di sisi lain itu bisa digunakan sebagai diplomasi untuk menaikkan nilai tawar Indonesia," pungkas Pri Agung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menunjuk Sonangol EP sebagai pemasok sebagian kebutuhan minyak Indonesia, mengurangi peran Petral. Akhir Oktober lalu, kesepakatan itu sudah diteken antara Pertamina dan Sonangol. Presiden Jokowi mengklaim, impor dari Sonangol dapat menghemat Rp 15 triliun per tahun.

  

1 Response to "Pengamat: Belum Tentu Sonangol EP Mau Jual Minyak Langsung ke RI"

  1. Hallo Bossku ^_^

    Mari Bergabung Bersama Kami di KartuVipQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia
    KARTUVIPQQ - Tersedia bonus TO 0.5% setiap Minggunya Dan bonus Referral 20%, Memberikan Komisi Referral Seumur hidup anda! Bagi anda yang mengajak teman anda bermain di tempat kami proses Depo Dan WD lebih cepat dari agen lain karena menggunakan sistem proses yang berbeda KARTUVIPQQ.

    Permainan antara lain :
    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66
    *PERANG BACCARAT

    Minimal Depo : Rp. 15.000
    Minimal Withdraw : Rp. 20.000

    - Transaksi Tercepat
    - 100% Member Vs Member, No Robot
    - Buka 24jam Nonstop Setiap Hari Tanpa Libur
    - Di Layanin Dengan CS yang Ramah dan Profesional 24 Jam
    - Pembagian Kartu Menggunakan Technologi Yang Lebih Mutakhir Dengan Sistem Random (acak).

    Sehingga kemenangan anda hanya di tentukan dengan kemampuan anda sendiri menggunakan sistem pengamanan yang lebih MUTAKHIR, semua data pribadi anda aman di tempat kami, Dapat di mainkan di PC,ANDROID,IPHONE, dan IPAD.

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami yang ramah dan siap 24 jam melayani anda :
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    ReplyDelete

NO SPAM dan SARA